welcome to my world

Sesamar apapun, jejak kaki kita akan terus menjadi sejarah

Kamis, 26 Maret 2009

Filsafat Air Mengalir


Air sumber kehidupan. Darinya segala macam kehidupan berawal dan kepadanya segala yang hidup menggantungkan kelangsungan hidupnya.. Jika kita ingin memiliki peranan penting dalam masyarakat sebagaimana air, coba kita renungkan apa yang membuatnya begitu berarti:

* Air yang mengalir dapat menyuburkan tanah sekitar, menumbuhkan tanaman dan menghasilkan buah; mengajarkan pada kita agar kita senantiasa berusaha memberikan manfaat, melayani masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Khairu an naas anfa'uhum li an naas

* Bersih dan jernih adalah sifat air yang masih alami; melambangkan kejernihan hati, kejujuran dan keadilan

* Aliran-aliran kecil bergabung menjadi anak sungai dan akhirnya menjadi sungai besar; jika ingin berhasil, maka kita harus saling membantu dan bekerjasama untuk mencapai tujuan.

* Aliran air setiap waktu berubah; mengajarkan bahwa kehidupan ini harus dinamis, selalu bergerak untuk berubah menjadi lebih baik. Jika air berhenti mengalir maka akan membusuk, demikian pula manusia harus kreatif dan inovatif jika ingin tetap eksis.

* Sungai mengalir dari atas ke bawah; melambangkan kerendahan hati dan sopan santun, orang yang di atas harus mendatangi yang di bawahnya.

* Air dengan mudah melewati bebatuan. Bila bertemu kerikil ia akan mengalir di atasnya namun bila menjumpai batu besar ia lewat di sampingnya; menggambarkan pribadi yang luwes, fleksibel, dan mudah menyesuaikan diri.

* Air mendatangkan banyak kebaikan bagi lingkungannya, tapi bila lingkungannya dirusak maka ketika hujan turun akan terjadi banjir yang menerjang segala yang dilaluinya; ada saatnya bersikap lembut namun juga ada kalanya bersifat tegas.

* Sungai menampung sampah, kaleng bekas bahkan kotoran manusia; mengajarkan kita untuk siap menerima masukan dan kritik sekalipun menyakitkan tapi harus ditanggapi dengan tenang dan obyektif.

* Sungai yang masih alami suaranya gemericik indah; Orang yang bijak akan selalu menjaga komunikasi yang baik dengan tuhannya dan dengan sesamanya.

Begitu banyak yang bisa kita pelajari dari air, tak salah bila air (sungai) menjadi sifat surga yang disebutkan berdampingan dengannya dalam 40 ayat dalam al Quran.

7 komentar:

  1. Emang air adalah segalanya...tanpa air kita ngga bakalan hidup(kehausan kali ye,,,)

    jadi syukurilah nikmat yang diberikan oleh Allah
    SWT,Intinya hematlah akan air

    Eh,ukhti juga nyantri di Pontren ya? sama donk...^_^

    BalasHapus
  2. begitu juga dengan AiA band...download aja lagunya di 4shared

    BalasHapus
  3. aku suka artikel nya sangat bermanfaat .... nice info nya ya ukhti..

    jangan lupa main ke blog baru ku ya
    diandermawan.blogspot.com

    BalasHapus
  4. thx kawan..
    hnyan ingin berbagi, alhamdulillah jika berkenan di hati..okeh.insy q maen k blog kmu

    BalasHapus
  5. emang air merupakan dari segala nya............

    jd kta hrus menjaga air...

    dan air bnyak mengajarkn yg positif..../////??

    BalasHapus
  6. surat apa aja yang terkait dengan fisafat air?
    homon bantuannya, coz dibutuhkan buat tugas akhir ne,

    BalasHapus