welcome to my world

Sesamar apapun, jejak kaki kita akan terus menjadi sejarah

Kamis, 12 Maret 2009

PNPM Nama Partai Juga Bukan Yak?

Kau sudah tau belom (kalo aku sih baru tauk!:D), ternyata ada 34 partai nasional plus 10 partai lokal di NAD lolos melenggang ke pemilu 2009, membengkak dari jumlah partai di pemilu 2004 yang hanya 24 partai, meski tak lebih banyak dari peserta pemilu 1999 yang menembus angka 48. (Hebat betul kan?! Bandingkan dengan pemilu di AS yang hanya diikuti 2 partai besar)
Satu kejanggalan, yang ikut andil 'menghiasi' jalanan di kota Malang ko cuma partai warna lampu lintas dan beberapa partai besar ajah yah? Lha yang laen pada kemana? Apa mereka cuma sebagai penyemarak? Atw karna udah yakin ga dapet penggemar trus milih skalian ajah ga nampang?Atw jangan-jangan seperangkat atributnya masih ditahan perusahaan printing gara-gara belum beres pembayarannya? Atw...Ah terserah lah!
Tapi seru juga, tiap nemu nama partai yang ga terkenal orang rumah pada rame ngarang kira-kira apa kepanjangannya. Sampe ada yang nyletuk: PNPM tuh nama partai juga bukan yak?
Adalah Bang Lukman Hakim yang kreatif banget menampilkan profil partai-partai yang tak lolos seleksi KPU. Beberapa diantaranya:

(1)
Nama Partai:Pantura (Partai Tempat Usaha Rakyat [?])
Semboyan/Jargon:Jalur Pantura Belok Kanan
Profil singkat dan sebab tidak lolos Pemilu 2009: Berangkat dari kekhilafan pengurus partai yang mendaftarkan partainya ke KPU dan memberikan tanda penunjuk jalan Pantura (Pantai Utara) sebagai logo partai. Belakangan diketahui bahwa PANTURA singkatan dari Partai Tempat Usaha Rakyat dan logo yang didaftarkan salah. Kebetulan salah satu pengurus PANTURA adalah ketua RT di daerah Pantura (Pantai Utara), sewaktu mendaftarkan ke KPU terburu-buru dan logo yang didaftarkan malah tanda penunjuk jalan Pantura.


(2)
Nama Partai:PARTAI NYURUH
Singkatan Partai:-
Semboyan/Jargon:Laksanakan segera!
Profil singkat dan sebab tidak lolos Pemilu 2009: Sekelompok orang yang disebut majikan, merasa tak puas dengan pekerjaan bawahannya, membentuk partai dengan nama Partai Nyuruh. Didasarkan pada satu solidaritas bersama menyatukan kekuatan untuk menyuruh bawahannya, apalagi yang tergolong bandel, mbeling dan ndablek. Ketika didaftarkan, KPU langsung mencoret partai ini karena baru berbentuk partai saja bisanya hanya main perintah, menyuruh-nyuruh, bagaimana bila menjadi wakil rakyat?
(3)
Nama Partai: PPPK
Singkatan Partai: Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
Semboyan/Jargon:-
Profil singkat dan sebab tidak lolos Pemilu 2009: Sekelompok profesi paramedis muslim mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi partai-partai di Pemilu 2009. Setelah diteliti, tidak ada AD/ART dan berkas-berkas administratif yang menunjukkan organisasi ini adalah partai. Logo yang dipakai adalah kotak obat yang diganti warnanya dengan nuansa hijau kuning dan hitam. Keputusan KPU mencoret dari kepesertaan Pemilu 2009 karena organisasi ini lebih pada sekelompok profesi paramedis, bukan sebagai partai.

(4)
Nama Partai: TOKO GERINDA
Singkatan Partai: -
Semboyan/Jargon: Jual Perkakas dan Bahan Bangunan
Profil singkat dan sebab tidak lolos Pemilu 2009: Seorang karyawan dari Toko Gerinda (diduga stres akibat pekerjaan), secara iseng mendaftarkan logo toko tempatnya bekerja pada KPU untuk mengikuti seleksi partai di Pemilu 2009. Setelah diteliti, tidak ada AD/ART dan berkas-berkas administratif yang lengkap selain logo toko. Karyawan tersebut telah diamankan oleh pihak yang berwajib. Setelah lewat berbagai pemeriksaan, karyawan yang bersangkutan akhirnya dikirimkan ke Rumah Sakit Jiwa.

Profil partai laennya bisa dilihat langsung di sumbernya. Hihihi...lumayan juga, ternyata ngomongin pemilu bisa bikin kita ketawa juga yah :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar