welcome to my world

Sesamar apapun, jejak kaki kita akan terus menjadi sejarah

Kamis, 08 Oktober 2009

Menyebalkan!

Kalau kalian bertemu dengan orang yang menyebalkan, biarkan saja. Mereka memang tercipta seperti itu, tercipta untuk membuat kita sebal! Tapi jangan terlalu cepat menjatuhkan vonis menyebalkan pada seseorang yang sikapnya 'engga bgt' di depan kita, karena bisa jadi sikap buruknya itu adalah respon balik dari sikap kita yang tak terlalu menyenangkan baginya. Singkat cerita, lihat dulu yang menyebalkan itu dia atau kita. Harus dialui, memang sebagian dari kita tercipta untuk menjadi cobaan bagi yang lainnya..hehe. Tapi kadang kalau menyebalkannya udah kelewat batas, bingung juga, mau introspeksi atau ngomel duluan??!
Yang jelas, manusia itu tercipta dengan bentuk dan karakter yang berbeda. Bertemu dengan 10 kepala artinya bertemu dengan 10 macam kepribadian. Tak ada yang sama. Cara memperlakukannya pun berbeda. Saat seseorang mendapatkan perlakuan yang tak ia harapkan dari lawan bicaranya di situlah mulai muncul kata-kata: menyebalkan!
Payahnya, seringkali mereka yang kita anggap menyebalkan kita adalah orang-orang terdekat kita. Teori sederhana saya: makin dekat kita dengan seseorang makin leluasa kita melakukan apapun yang kita mau pada mereka. Pada orang terdekat, perasaan ingin dimengerti lebih kuat daripada mencoba mengerti. Dan mereka tak kuatir kita berpaling atas apa yang mereka lakukan. Contoh sederhana saja, kita lebih banyak mengomel pada tetangga atau adik kita?
Menyebalkan memang, jika harus bertemu dengan orang-orang yang menyebalkan. Tapi disadari atau tidak, mereka yang menurut kita menyebalkan itu telah memberi warna yang berbeda dalam hidup kita. Nikmati saja, anggap bergaul dengan mereka sebagai suatu eksperimen. Bisa kta amati bagaimana respon mereka menerima macam-macam perlakuan dari kita, sampai akhirnya kita menemukan cara yang tepat untuk 'menaklukkan' mereka.Perasaan senang, sebal, sedih, sakit, sesal, haru, bangga, it's all 'bout keseimbangan. Jika diramu dengan formulasi yang sesuai akan menjadi sebuah pelajaran yang berharga untuk perjalanan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar