welcome to my world

Sesamar apapun, jejak kaki kita akan terus menjadi sejarah

Rabu, 15 April 2009

Kitab Suci Edisi Revisi


Percaya pada kitab suci yang diturunkan Allah merupakan salah satu pilar iman. Tak hanya pada Al Quran, namun juga kitab-kitab pendahulunya. Masalahnya, Taurat, Injil dan Zabur yang ada sekarang (yang biasa disebut kitab perjanjian lama, perjanjian baru dan Mazmur) diyakini telah banyak berubah. Kitab-kitab itu tak lagi menyeru pada tauhid (mengesakan Allah) yang merupakan inti ajaran agama samawi dan tak menjelaskan ihwal hari kiamat. Namun demikian tetap kita wajib mengimani kitab-kitab tersebut, caranya cukup dengan yakin seyakin-yakinnya bahwa Allah memang telah menurunkan kitab Taurat pada Nabi Musa, Injil pada Nabi Isa, dan Zabur pada Nabi Dawud. Tentang isi kandungannya, karena kita tahu sudah banyak intervensi manusia di dalamnya maka tak perlu lagi kita mempelajarinya karena Al Quran sebagai kitab pamungkas telah memuat pokok-pokok ajaran kitab terdahulu yang masih relevan dan menyempurnakannya. Mempelajari Al Quran sama artinya dengan mempelajari kitab-kitab pendahulunya.
Al Quran sangat menghargai kitab-kitab terdahulu. Hal ini bisa kita lihat dalam Al Baqarah:4 yang menuntut umat Islam untuk mengakui eksistensi kitab terdahulu. Selain itu Al quran juga berfungsi sebagai verifikator, batu ujian bagi kitab terdahulu (Al Maidah:48), sebagai referensi untuk menghilangkan perselisihan pendapat antara umat-umat rasul yang berbeda (An Nahl:63-64) dan meluruskan sejarah yang telah banyak diselewengkan.
Tak berlebihan rasanya jika kita menyimpulkan bahwa al Quran adalah edisi revisi dari kitab-kitab terdahulu yang telah banyak dirusak dengan campur tangan manusia. Mereka merubah isinya demi memenuhi hasrat nafsu duniawi semata. Mereka menukar akhirat dengan harga yang sangat tidak pantas. Al Quran datang untuk kembali memurnikan ajaran tauhid dan meluruskan berbagai kekeliruan yang terjadi. Kalau ada edisi revisi, mengapa harus memilih versi lama?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar